Friday, May 02, 2008

lagu misterius, menggetarkan bulu kuduk,

JAUH ( Ega : CARAMEL )

Pernah ada rasa cinta
Antara kita kini tinggal kenangan
Ingin kulupakanaa

Semua tentang dirimu
Namun tak lagi kan seperti dirimu oh bintangku


Jauh kau pergi meninggalkan diriku
Disini aku merindukan dirimu
Kini ku coba mencari penggantimu
Namun tak lagi kan seperti dirimu oh kekasih

Tulisan di atas adalah sebuah lirik lagu yang di buat oleh seseorang yang ”katanya” sudah meninggal. Lirik yang dibuat sangat manis itu ternyata menyimpan banyak misteri. ”Katanya” lagi, jika kita mendengar lagu ini, arwah si penulis lagu pun hadir di sekitar kita. Believe or not ?? Karena penasaran saya pun mencoba untuk mencari tahu.

berapa hari yang lalu, di sebuah kamar kos yang cukup luas perbincangan itu terjadi. Salah seorang teman saya memberi tahu bahwa ada seorang gadis yang bunuh diri setelah tahu kekasihnya meninggal. Di saat-saat terakhirnya si gadis membuat sebuah lirik lagu khusus untuk kekasihnya, dan kata teman saya lagu itu sangat bagus. Sejauh pembicaraan itu, saya hanya mengetahui bahwa ada seorang gadis yang bunuh diri, bernama Ega, membuat sebuah lagu, gadis itu merupakan vokalis band bernama CARAMEL, berasal dari Bali, dan lagunya sangat bagus. Hanya sebatas itu.

Keesokan harinya, di sebuah kamar kos yang berbeda yang tidak terlalu luas, saya mendapat informasi baru lagi soal gadis tersebut. Ternyata teman saya yang lain juga sudah mendengar cerita itu, saya yang sedikit tahu, langsung nyambung ketika teman saya membahas gadis bernama Ega itu. Dan beruntungnya, teman saya itu mempunyai lagu yang sempat dinyanyikan Ega untuk kekasihnya. Saya langsung terbuai ketika teman saya memeperdengarkan lagu JAUH ciptaan Ega itu. Kini, informasi lain saya dapat bertambah, gadis itu kuliah di STIKOM Bali, itu pun masih belum jelas kebenarannya.

Cerita tentang Ega tadi membuat saya penasaran. Pasalnya, tidak hanya dua orang teman saya saja yang mengetahui cerita tersebut, banyak orang membicarakan tentangnya dan lagu yang diciptakannya. Saat saya sedang mencari bahan untuk tugas kuliah yang harus mempergunakan internet sebagai sarana, saya iseng membuka tag : ega, Caramel, ternyata banyak sekali situs-situs yang banyak membicarakan tentang lagu yang diciptaan Ega, tidak hanya itu, dalam situs-situs tersebut kita juga bisa mengetahui kisah Ega dalam banyak versi plus download lagu dan lirik lagunya.

Lalu apa yang menjadi misteri??? Kisah tentang Ega ini, banyak sekali versinya, ada yang bilang kalau yang membuat lagu itu bukan bernama Ega, tetapi Gaby. Ada yang bilang kalau Ega anak SMU bukan anak STIKOM, Bali. Saking banyaknya, tidak hanya saya saja yang di buat bingung, tapi pembaca yang ingin tahu juga akan kelabakan karena belum jelas kebenarannya.

Yang sempat saya baca di sebuah situs, diceritakan bahwa Ega seorang mahasiswi STIKOM, Bali yang meninggal bunuh diri ketika mengetahui kekasihnya meninggal di tengah-tengah tawuran. Mereka berdua merupakan sepasang kekasih yang juga anggota dalam sebuah band bernama CARAMEL. Ketika sang kekasih meninggal, Ega sempat membuat sebuah lirik lagu yang kemudian dinyanyikan seorang diri. Setelah menyanyikan lagu itu, keesokannya Ega mengakhiri hidupnya dengan menyayat urat nadinya.

Versi kedua saya baca di sebuah situs lain yang juga membahas tentang lagu tersebut. Nama yang membuat lagu tersebut bukanlah Ega melainkan Gaby, seorang gadis SMU kelas tiga yang akan menempuh ujian akhir sekolah. Gaby sebelumnya tidak mengetahui bahwa kekasihnya meninggal tertabrak truk, namun ketika dia pergi ke rumah kekasihnya, dia mendapati rumah kekasihnya sudah dikerumuni banyak orang yang melayat. Karena putus asa, Gaby memutuskan untuk bunuh diri, dan sempat membuat lagu untuk kekasihnya itu.

Versi lain mengatakan bahwa yang menulis lagu tersebut membuat lagu di rumah sakit dalam keadaan sekarat. Lalu menyanyikan lagu itu sebelum meninggal. Namun, yang membuat aneh, dalam lagu aslinya, terdapat suara aplaus dan teriakan-teriakan, jadi saya pikir tidak mungkin si penulis lagu bernyanyi saat sekarat di rumah sakit.

Bulu kuduk saya merinding ketika membaca beberapa tulisan blogger yang mengatakan bahwa dalam lagu tersebut ternyata memiliki sebuah pasan mistik. Pesan itu dapat kita dengar jika kita mendengar lagu itu setelah di putar balik. Kita akan menemukan pesan rahasia yang di buat si penulis lagu yang berisi dua kalimat yang menyentuh hati :

”ku ingin memiliki nafasmu jikalau aku mati
Bisakah Aku memiliki nafasmu jikalau aku mati”

Tidak hanya itu saja yang mampu membuat saya merinding, tapi ketika salah satu blogger mengatakan bahwa lagu yang diputar balik itu jika didengar dengan seksama akan terdengar seperti orang membaca mantra. Dalam tulisan itu pula, sampai ada yang tidak bisa tidur setelah mendengar lagu yang sudah diputar balik saking seremnya. Hal ini tentu saja semakin membuat saya penasaran, tapi walaupun begitu saya tidak berani untuk mendegar langsung lagu yang sudah di putar balik. Saya lebih memilih mendengarkan lagu aslinya ketimbang harus mendengar lagu yang di putar balik. Hiiiyyy sereeemmm…!!!

***

Kisah Ega tadi merupakan salah satu cerita tragis yang sebenarnya bisa kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Akhir-akhir ini banyak orang yang bunuh diri dengan berbagai alasan. Sangat jelas teringat di benak kita tentang cerita seorang ibu yang tega membunuh anaknya kemudian bunuh diri karena alasan ekonomi. Hal ini bisa menjadi bahan renungan kita bahwa kejadian seperti Ega bisa saja dialami oleh orang terdekat kita bahkan diri kita sendiri.

Masalah kompleksnya adalah soal cinta. Bak Romeo dan Juliet sepasang kekasih itu seperti tak bisa dipisahkan. Di masa hidupnya, diceritakan (dalam sebuah situs) mereka sepasang kekasih yang saling melengkapi dan mendukung satu sama lain. Dan di akhir perjalanan cinta, mereka juga memutuskan untuk mati bersama walaupun caranya berbeda. Ada rasa miris di dalam sini yang saya rasakan. Apa karena melihat pengorbanan cinta ? Atau melihat kebodohan manusia ? Yang jelas hal itu sempat membuat saya berpikir bahwa cinta abadi itu sama sekali tidak ada. Di ”dunia” sana belum tentu kita bertemu orang yang kita cintai. Who know?? Sekali lagi, kisah Ega bisa menjadi cermin bagi kita semua dalam menghadapi realita cinta. Tidak semudah itu menghilangkan nyawa dengan alasan apapun.

Tapi bagaimana pun, kisah ini menjadi inspirasi banyak orang. Bukan ikut-ikutan bunuh diri melainkan mengabadikan hal positifnya. Hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya tulisan yang membicarakan tentang Ega, ada juga yang menulis cerita pendeknya, bahkan salah satu tulisan teratas dalam blog membahas tentang Ega. Walaupun beritanya masih simpang siur, tapi banyak orang yang antusias untuk mencari tahu rasa penasaran mereka. Seperti saya, yang sampai sekarang masih mencari tahu siapa sebenarnya Ega? Dan tentang misteri di balik lagu itu.

Tulisan ini sekedar informasi bagi teman-teman yang belum tahu tentang kisah ini. Agar lebih jelas, teman-teman bisa langsung mencari situs yang membahas lebih lanjut tentang Ega dan lagu yang diciptakannya. Selamat mencoba!

Nb: untuk mbak Ega semoga tenang di sisi-Nya, amien.

situs bisa di lihat dalam :

www.indonesiaindonesia.com

www.ngoceh.web

www.puguh.com

wikimu.com

www.aiszone.blogspot.com

www.lieagneshendra.blogs.friendster.com

www.agung92.wordpress.com

www.andyspamkidz.com

www.titipan.org

and anymore….

No comments: